R3tn0’s Weblog

Jeruk Nipis

Posted on: April 3, 2010

Jeruk Nipis….pasti semua orang tau. saking pengennya punya tanaman ini, sampai2 mamaku beli dan ditanam dalam pot. entah faktor tanah atau emang tangan mamaku gak “dingin” ma urusan pertamanan ( kecuali untuk masak…”sangat dingin”…masakan mamaku enak sekali ), bolak balik setiap beli tanaman jeruk nipis dan dipindah ketanah, selalu mati.
padahal banyak sekali manfaat jeruk nipis

Disamping untuk minuman dan masakan ( biasanya menghilangkan bau amis di ikan ), juga bisa untuk membersihkan noda2 membandel  ( he..he..kayak iklan ya …). yang paling penting buat aku, untuk obat batuk. anakku yang pertama sensitif sekali. makan yang aneh dikit langsung batuk. udah gitu kalau batuk gak berhenti2, sampai seperti orang sakit asma.

nah, kalau dah gitu, obat paling mujarab ya jeruk nipis itu dicampur kecap manis yang dipanaskan. sejak kecil kalau aku batuk, ya dengan resep tradisonal seperti itu ( padahal almarhum papaku adalah seorang dokter ).

masalahnya, jeruk nipis itu ternyata harganya mahal juga. 1 buah seukuran bola bekel kecil harganya seribu. padahal kalau beli banyak trus gak dipakai en disimpan dikulkas, bakalan kering.

itu dulu…., sekarang buat aku jeruk nipis itu gak ada harganya. karena ternyata dibelakang rumah tumbuh tanaman ini tanpa ada yang menanam. karena dibelakang, kurang perhatian dari orang rumah. tiba2 aja taunya setelah beberapa jeruk nipis yang jatuh dalam keadaan matang bewarna kuning, besar lagi. kalau dipasar mungkin harganya 2000 ( hem…ilmu dagang mulai muncul…)

ohya, katanya, jeruk nipis yang diminum secara teratur, bisa menjaga berat badan dan menjamin kestabilan kerampingan badan. tapi hati2 untuk punya penyakit maag. selain itu konon ada yang berpendapat, rambut yang dicuci dengan perasan jeruk nipis, maka rambut menjadi halus dan berkilau.

yah, ternyata banyak sekali khasiat dari buah jeruk nipis, tergantung kita bisa memanfaatkannya atau tidak….

Iklan

1 Response to "Jeruk Nipis"

Yang alami…banyak manfaatnya, ya bu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

...saya hanya ingin menulis...mengikuti kata hati saya....

April 2010
S S R K J S M
« Feb    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
%d blogger menyukai ini: